Search

tajuk tentang QHJ

Diberdayakan oleh Blogger.

DENGER NASEHATKU

RSS

sejarah LDII

Organisasi LDII pertama kali berdiri pada tahun 1972 dengan nama Yayasan Lembaga Karyawan Islam (YAKARI). Pada Musyawarah Besar (Mubes) tahun 1981 namanya diganti menjadi Lembaga Karyawan Islam (LEMKARI), dan pada Mubes tahun 1990 sesuai arahan Jenderal Rudini sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) waktu itu, nama LEMKARI yang sama dengan akronim Lembaga Karate-Do Indonesia diubah menjadi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

benarkah LDII sebagai penerus gerakan Islam Jama'ah?

Tidak benar. LDII adalah ormas Islam yang besar dengan latar belakang warga yang sangat beragam, dalam bidang pendidikan, profesi, status sosial maupun aspirasi kelompok keagamannya, termasuk mereka yang dulunya ”dianggap” melaksanakan ajaran Islam Jama’ah.

Adanya orang-orang yang dianggap mantan Islam Jama’ah inilah yang kemudian menimbulkan citra seolah-olah LDII ini sebagai penerus Islam Jama’ah.

BENARKAH WARGA LDII TIDAK MAU BERMAKMUM PADA ORANG SELAIN LDII?

Tidak benar. Penetapan Imam sholat mengikuti tuntunan Rosululloh SAW: ”Yang berhak mengimami kaum adalah yang paling mahir di dalam membaca Al-Qur’an, jika dalam hal ini sama semua maka yang paling dahulu hijrahnya, jika dalam hal ini sama semua, maka yang paling banyak mengetahui sunnahnya, jika dalam hal ini mereka sama semua maka yang paling tua usianya”. Contoh yang nyata adalah pada saat ibadah haji. Di Makkah warga LDII sholat di belakang Imam Masjidil Harom. Di Madinah warga LDII sholat di belakang Imam Masjid Nabawi. Begitu juga di masjid-masjid lainnya.

BENARKAH WARGA LDII TIDAK MAU SHOLAT DIMASJID SELAIN LDII?

Tidak benar. Warga LDII selalu berusaha tertib dalam menetapi sholat lima waktu, dalam rangka menetapi firman Allah: ”Jagalah waktu-waktu sholat dan sholat yang tengah (Asar)”. Untuk menetapi kewajiban sholat lima waktu tersebut, warga LDII dapat melaksanakan ibadah sholat di masjid, di musholla, atau di tempat ibadah lainnya. Adapun jika di lokasi terdekat ada masjid LDII, tentunya wajar saja jika warga LDII tersebut lebih memilih pergi ke masjid LDII. Hal tersebut semata-mata disebabkan karena di masjid LDII tersebut dapat diperoleh informasi-informasi mengenai kegiatan organisasi, sekaligus silaturohim dan menambah ilmu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

30 komentar:

Mari Belajar mengatakan...

maaf saya mau konfirmasi saja. aku punya teman LDII dia selalu tidak mau bersembahyang berjamaah dengan kami padahal yang mengimami adalah kyai pondok malah waktu hari jumat pun beliaunya gak mau solat jumat dengan kami malah solat duhur sendirian di kamar apakah itu tidak termasuk bahwa pernyataan anda salah. maaf masalah imam solat yang tadi benar adanya tapi walaupun begitu masih ada tata tertib lain yang harus diterapkan dalam memilih imam solat misalnya ketika kita berpergian dan mau solat di masjid orang. disitu gak ada yang faseh tapi dia yang paling faseh. apakah dia wajib mengimami padahal menurut ajaran kitab yang saya baca tidak tapi yang mengimami tetap orang setempat yang telah menjadi imam rowatib setiap solat disitu. sekian tolong di jawab atas kejadian ini.

lumping12 mengatakan...

artikel yang kamu buat ini gak sesuai sama kenyataannya, setau saya LDII org2 nya tertutup mantan pacar saya pun org LDII dan sudah saya putusin lantaran gak mau saya ajak sholat di massjid yg bukan LDII, nah lo gimana tu...

Everything mengatakan...

Sabar saja ya rekan jama'ah...
ingat selalu bahwa hanya orang-orang pilihan allah lah yang akan mendapat hidayah...

jzklhkhoiro..

Jan Jane Janadi mengatakan...

sebagai sesama umat islam kita harus menjalin ukhuwah islamiyah.

memang umat LDII selalu merasa umat yang paling benar di hadapan Allah.

tapi klo menurut hemat saya.
hanya Allah yang maha Tahu...

lebih baik kita jalani keyakinan kita masing-masing ga usah menjelek-jelekan umat islam..


Astagfirullah robbal baroya…
Astagfirulloh minal khootooya…
Robbi zidni ‘ilmannaafii’a…
Wawaffikni ‘amalansoliha…

Yarosulalloh salammun’alaik…
Yaarofi’asaaniwaddaaroji…
atfatayaji rotall ‘aalami…
Yauhailaljuu diwaalkaromi…

Ngawiti ingsun nglarasa syi’iran
Kelawan muji maring pengeran
Kang paring rohmat lan kenikmatan
Rino wengine tanpo petungan 2X

aku mulai, merapalkan syair
…dengan memuji, kepada tuhan
yang telah memberikan rahmat dan kenikmatan
…siang dan malam, tanpa hitungan (2x)

Duh bolo konco priyo wanito
Ojo mung ngaji syare’at bloko
Gur pinter ndongeng nulis lan moco
Tembe mburine bakal sangsoro 2X

wahai teman-teman; pria, wanita
jangan hanya mengkaji syariat saja
hanya bisa mendongeng, menulis, dan membaca
pada akhirnya, akan sengsara (2x)

Akeh kang apal Qur’an haditse
Seneng ngafirke marang liyane
Kafire dewe dak digatekke
Yen isih kotor ati akale 2X

banyak yang hafal qur’an-hadits nya
suka mengkafirkan kepada lainnya
kafirnya diri sendiri tidak diperhatikan
kalau masih kotor hati dan akalnya (2x)

Gampang kabujuk nafsu angkoro
Ing pepaese gebyare ndunyo
Iri lan meri sugihe tonggo
Mulo atine peteng lan nistho 2X

mudah terbujuk nafsu angkara
dalam perhiasan gebyarnya dunia
iri dan dengki atas kekayaan tetangga
karena itulah hatinya gelap dan nista (2x)
Ayo sedulur jo nglaleake
Wajibe ngaji sak pranatane
Nggo ngandelake iman tauhite
Baguse sangu mulyo matine 2X

mari saudara, jangan lupakan
kewajiban mengkaji di semua runtutannya
untuk menebalkan iman tauhidnya
bagusnya pesangon, mulya matinya (2x)

Kang aran soleh bagus atine
Kerono mapan seri ngelmune
Laku thoriqot lan ma’rifate
Ugo hakekot manjing rasane 2 X

yang disebut shaleh, bagus hatinya
karena telah mapan, ilmu sirri-nya (ilmu rahasia ketuhanan)
lelaku tarekat dan ma’rifatnya
juga hakekat telah merasuk rasanya (2x)

Alquran qodim wahyu minulyo
Tanpo ditulis biso diwoco
Iku wejangan guru waskito
Den tancepake ing jero dodo 2X

al-qur’an qadim, wahyu yang mulia
tanpa ditulis bisa dibaca
itu wejangan guru yang waskita (ma’rifat)
ditancapkan di dalam dada (2x)

Kumantil ati lan pikiran
Mrasuk ing badan kabeh jeroan
Mu’jizat rosul dadi pedoman
Minongko dalan manjing iman 2 X

menempel, hati dan pikiran
merasuk di badan, semua jeroan (badan bagian dalam)
mukjizat rasul menjadi pedoman
menjadi jalan masuknya iman (2x)

Kelawan Alloh kang moho suci
Kudu rangkulan rino lan wengi
Ditirakati diriyadohi
Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X

terhadap Allah yang maha suci
harus berangkulan siang dan malam
ditirakati, diriyadhahi (bersusah-payah)
dzikir dan suluk (jalan menuju tuhan) jangan sampai terlupa (2x)

Uripe ayem rumongso aman
Dununge roso tondo yen iman
Sabar narimo najan pas pasan
Kabeh tinakdir saking pengeran 2X
hidupnya tenang, merasa aman
adanya rasa (aman), tanda kalau beriman
sabar, menerima, walaupun pas-pasan
semua itu ditakdirkan oleh tuhan (2x)

Kang anglakoni sakabehane
Allah kang ngangkat drajate
Senajan ashor toto dhohire
Ananging mulyo maqom drajate 2X

mari laksanakan, semuanya
Allah yang akan mengangkat derajatnya
meskipun terlihat rendah tata lahirnya
tapi (sebenarnya) mulia kedudukan derajatnya (2x)

Lamun prasto ing pungkasane
Ora kesasar roh lan sukmane
Den gadang Allah swargo manggone
Utuh mayite ugo ulese 2X

apabila meninggal, nanti diakhirnya
tidak kesasar roh dan sukmanya
di gadhang (sukai-angkat) oleh Allah, surgalah tempatnya
tetap utuh mayitnya, juga kafannya (2x)

Andhie mengatakan...

Gak, usah pusing dgan perbedaan itu sdah sunnahx nabi, enar kita liat siapa yg akn masuk.. man yutigi lahu wa rosvlahu yude khilhu jannah..

rifda mengatakan...

ah gak usah di komentari lddi. semakin di komentari semakin naik daun kalo ingin tahu lebih banyak baca biografi pendirinya. saya sih lebih percaya sbgai kepentingan politik jangka panjang. biasanya dalam politik tidak ada benar dan salah yang ada adalah kepentingan.

Chandra Hermansyah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Chandra Hermansyah mengatakan...

saya mau bertanya apa benar jika warga LDII tidak di perbolehkan menikah dengan orang yang bukan anggota LDII ?
bila benar, mengapa itu terjadi dan apa alasannya?
saya mohon jawaban dan batuanya

Nasrullah Dara mengatakan...

YA SALAM....
MEMANG, JALAN UNTUK MENUJU KE SURGA ITU BERMACAMA-MACAM. CONTOH DARI KALIMANTAN KE JAWA BISA PAKAI PESAWAT DAN KAPAL. TAPI
SAYA PERNAH BERTANYA KEPADA ORANG LDII, KALAU ORANG YANG BARU MASUK SEBAGAI ANGGOTA LDII ITU DI SEBUT MUALAF. KENAPA? SEDANGKAN PENGERTIAN MUALAF DI KACA MATA ISLAM ADALAH ORANG YANG BARU MASUK ISLAM SEHINGGA ORANG YANG BUKAN ANGGOTA LDII ITU APAKAH BUKAN ISLAM?
DAN KENAPA DI SEBUT MESJID LDII? BUKAN MESJID UMAT ISLAM??

Muzakkie saputra mengatakan...

hemmm...

kalo mw tw LDII knp g nyari tw sendiri ?
ikutin tuh pengajian n kegiatan LDII lu bakalan tw LDII kyk apa. dr pd jd isu n fitnah disa Gant...

avix prakoso mengatakan...

Semua agama mengajarkan kebenaran. Di Dunia ini hanya Tuhan yang tahu. Di negara kita, semua umat beragama/ yang berkeyakinan harus bisa hidup rukun. Jangan memandang perbedaan sebagai batasan diantara umat, tetapi persamaanlah yang kita lihat. Hidup damai tanpa memper olok antar agama atau yg lainnya kan enak. :)

nursiddiq mengatakan...

kalau mau tahu ldii itu sesungguhnya jangan hanya dengar dari luar saja , cobalah masuk dan selami apa yang sesungguhnya terjadi , ya khan ....

nardi distro mengatakan...

Gan perbedaan adalah seni hidup,dan orang mesti menghargai perbedaan, karna memang oleh alloh semua telah di kehendaki ,jalani keyakinan kalian suatu saat agan akan merasakan dari dalil-dalil,dan berdoalah agar kita dapat dan tetep dalam hidayah

Alpha Araz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
distrik heram mengatakan...

LDII aliran sempalan yang bisa membahayakan aqidah umat, ditegaskan dalam teks pidato Staf Ahli Menhan Bidang Ideologi dan Agama Ir. Soetomo, SA, Mayor Jenderal TNI bahwa "Beberapa contoh aliran sempalan Islam yang bisa membahayakan aqidah Islamiyah, yang telah dilarang seperti: Lemkari, LDII, Darul Hadis, Islam Jama'ah." (Jakarta 12 Februari 2000, Staf Ahli Menhan Bidang Ideologi dan Agama, Ir. Soetomo, SA, Mayor Jendral TNI).

distrik heram mengatakan...

LDII dinyatakan sesat oleh MUI karena penjelmaan dari Islam Jamaah. Ketua Komisi fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH Ma'ruf Amin menyatakan, Fatwa MUI: LDII sesat. Dalam wawancara dengan Majalah Sabili, KH Ma'ruf Amin menegaskan: Kita sudah mengeluarkan fatwa terbaru pada acara Munas MUI (Juli 2005) yang menyebutkan secara jelas bahwa LDII sesat. Maksudnya, LDII dianggap sebagai penjelamaan dari Islam Jamaah. Itu jelas!" (Sabili, No 21 Th XIII, 4 Mei 2006/ 6 Rabi'ul Akhir 1427, halaman 31).

Sistem Manqul
sumber : http://www.akhirzaman.info/menukonspirasi/konspirasi-islam/1826-kesesatan-ldii-dan-ahmadiyah.html

Sang Pilot TRUK mengatakan...

Banyk kjadian didunia ini.bl qt mencari kbnaran bkl dpt kebnaran.....dn bl cm mncr mslah jg akn dpt mslah.yg pntng apa tjhan hdp qt dn sbrp kykinan akn surga dn neraka......

dedi ustanto mengatakan...

ojo bingung coba aja ikut ngaji




darul salakan mengatakan...

Guruku adalah orang LDII di MAN TEMANGGUNG,,tidak pernah sholat di masjid MAN TEMANGGUNG yang mayoritas adalah mereka yang di sana adalah orang NU...Belum pernah dia menginjak masjid...demi alloh.

imam arif budiman mengatakan...

Bagi para komentator semua jika ingin tau lebih dalam tentang LDII silahkan datangi masjid-masjid LDII dan ikuti pengajiannya!!!! OKE Alhamdulillahi jaza kumullahu khoiro...

Amran Askani mengatakan...

Saya Juga Orang LDII tp tidak pernah Membuat Keonaran bahkan sampai Mengejek Pemimpin negara hehe Daripada hanya mendengar isu2 yang belum tentu Sumbernya mending kalian Ikut Ngaji saja d mesjid LDII ntar pasti Tahu Jawabannya :D


Alhamdulillahi Jaza Kummulahu Khoiro

ABIE204 mengatakan...

klu masalah nikah gmn di ldii GAN, sy tertarik...tentang aturan nikahnya

RAGIL ADI SAPUTRO mengatakan...

Kang Mas Distrik Heram yg terhormat..
Komentar tentang islam kok nyari sumber dari media sosial..
Islam yg benar kn berpedoman dari Al-Qur'an dan Hadist (sunnah). Jadi klo bicara tentang islam cari sumber itu dari dalil-dalil Al-Qur'an dan Hadist yang benar.
Klo mau bicara soal duniawi terserah deh mau cari sumber dari mana.
Hanya Allah Yang Maha Tahu (kebeneran), kita sebagai ciptaannya cukup hanya menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Gak perlu memperdebat, menjatuhkan, menjelekkan, menyalahkan agama lain, merasa paling benar, bla..bla..bla..
Yang iman semoga bertambah imannya, yang belum iman semoga mendapat hidayah..
Amiiin...
Introspeksi dan persiapkan diri..
Apakah kita sudah benar? Hanya Allah Yang Maha Tahu segalanya.

Ajzkhro...

RAGIL ADI SAPUTRO mengatakan...

Darul Salakan ::
"guru sampean tidak pernah sholat di masjid MAN TEMANGGUNG yang mayoritas adalah mereka yang di sana adalah orang NU...Belum pernah dia menginjak masjid."
udah ditanyakan belum, kenapa guru sampean gak prnah sholat di masjid tersebut?
Lebih baik tanya dulu sm guru sampean yg LDII itu, klo udah dpt jawabannya baru komentar.

Rara Adiwijaya mengatakan...

Yg saya alami.ada guru mangkul ldii yg tidak pernah menjawab salam saya.padahal saat itu saya sedang mendalami ldii.dan adik pacar saya selalu pulang kerumah untuk sholat jumat di masjid ldii ketimbang masjid dekat sekolahnya.dan masih banyAk lg yg lainnya

Yusuf Solihin mengatakan...

ingat, walaupun jawabannya seperti jawaban ahlussunnah, tapi LDII punya akidah taqiyah (berbohong). berbohong kepada selain LDII adalah wajib. jadi buat apa percaya sama mereka,,musuh di dalam selimut, pendirinya aja orang maling kambing di mekah.

Rizal Hermawan mengatakan...

SIngkat aja sih, orang yang keluar dari LDII dikatan murtad bahkan Kafir "saya punya saudara yang dulunya bekas pngikut golongan tersebut" .. LDII punya kode 354

tatang lapak mengatakan...

izin sedot gan..........

taufik mengatakan...

Bisa nggak ngaji di LDDII tanpa baiat ke kediri atau pada siapa saja....just ngaji dan bebas mau boleh ngaji dimana saja tidak terikat sama manqul manqulan ?

Revani mengatakan...

saya orang LDII,malah dari lahir,tpi saya tidak pernah merasa diajarkan aliran sesat,ya memang banyak orang yang bilang kalau LDII itu sesat,tpi sesatnya dimana ?MANQUL?coba anda lihat di museum Al-Quran di TMII,saya pernah ngeliat disana banyak Al-Quran yang sudah lama sekali,pada dimanqulin,jadi apa sesatnya?orang jaman dulu aja pada dimanqulin,jadi dimana sih sesatnya?kalau orang LDII tidak mau sholat di masjid selain masjid LDII,bisa saja ditempat dia bekerja ada masjid LDII,ya dia pasti lebih memilih untuk sholat di masjid LDII lah, memang anda tidak baca diatas "BENARKAH WARGA LDII TIDAK MAU SHOLAT DIMASJID SELAIN LDII?

Tidak benar. Warga LDII selalu berusaha tertib dalam menetapi sholat lima waktu, dalam rangka menetapi firman Allah: ”Jagalah waktu-waktu sholat dan sholat yang tengah (Asar)”. Untuk menetapi kewajiban sholat lima waktu tersebut, warga LDII dapat melaksanakan ibadah sholat di masjid, di musholla, atau di tempat ibadah lainnya. Adapun jika di lokasi terdekat ada masjid LDII, tentunya wajar saja jika warga LDII tersebut lebih memilih pergi ke masjid LDII. Hal tersebut semata-mata disebabkan karena di masjid LDII tersebut dapat diperoleh informasi-informasi mengenai kegiatan organisasi, sekaligus silaturohim dan menambah ilmu." jadi ga salah kan,jika ada orang LDII bekerja,ternyata ada masjid LDII di dekat tempat dia bekerja, lebih memilih sholat di masjid di LDII. makanya kalau mau tau LDII itu sesat atau ga,anda sebaiknya tanya dengan orang LDII yang anda kenal,atau juga anda bisa ikut mengaji,biar bisa tau LDII itu sesat apa ga

Poskan Komentar